Penyebab Aki Sering Tekor

Baterai alias aki pada suatu  sepeda motor terbukti mempunyai peran yang lumayan vital. Komponen ini bermanfaat sebagai sumber kelistipsan semacam elektips starter, lampu, klakson serta lain sebagainya. Apabila aki tekor alias teganganya lemah, dampaknya berbagai sistem kelistipsan pada sepeda motor tak dapat bermanfaat sebagaimana mestinya. Persoalan ini terbukti kerap menjumpai para biker. Sebelum kamu memvonis aki telah jelek, sebaiknya diperbuat cek and ricek terlebih dahulu untuk mengenal persoalan sebetulnya. Apabila kamu langsung mengganti aki, tanpa meperbuat pemeriksaan terlebih dahulu dapat saja aki yang baru juga mengalami tekor.

Penyebab Aki Sering Tekor

Ada tak sedikit hal yang menjadi penyebab aki cepat tekor, utamanya bagi kamu yang gemar meperbuat modifikasi alias meningkatkan aksesoris tanpa meperbuat adaptasi Umpama saja memasang klakson yang tak sesuai semacam model keong, memasang lampu HID bahkan meperbuat bore up pun dapat menyebabkan aki cepat tekor. Tidak hanya itu kerusakan pada berbagai part semacam kiprok juga dapat menjadi biang keroknya. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Penyebab Aki Cepat Tekor

1. Klakson
Tidak jarang kali kami jumpai para biker yang memasang klakson mobil di sepeda motor. Modifikasi ini pasti tak dianjurkan sebab piranti tersebut membutuhkan suplai listips yang besar.

2. Kiprok
Komponen ini manfaat utamanya merupakan untuk membatasi tegangan dari generator alias yang biasa disebut spull Butuh kamu ketahui besarnya tegangan yang dikeluarkan generator ini tergantung pada putaran mesin, artinya terus tinggi putaran mesin maka terus tinggi pula tegangan yang dikerluarkan. Nah sebab tegangan tersebut dipakai untuk mengisi baterai maka besarnya wajib dibatasi. Apabila kiprok rusak maka imbasnya baterai bakal mengalami overcharging alias sebaliknya. Untuk itu perbuat pengecekan apakah pengisian normal alias tidak. Caranya dengan mengnasibkan mesin antara 4000- 5000 RPM kemudian periksa tegangan pengisian. Tegangan pengisian yang baik merupakan 14-15 volt.

3. Bore Up
Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa bore up dapat menyebabkan aki menjadi tekor. Tak sedikit para biker yang meperbuat bore up guna meningkatkan kapasitas silinder, bakal tetapi tanpa diikuti upgrade elektips starter. Dampaknya sebab kompresi tinggi, elektips starter menjadi sangat berat untuk memutarkan mesin. Lantaran terus dipaksa, aki dapat menjadi tekor.

4. Lampu HID
Memasang lampu HID terbukti membikin nyala lampu lebih terang ketimbang standarnya. Tetapi butuh diingat perangkat ini membutuhkan suplay listips yang besar. Apabila tak disesuaikan dengan spul pengisian, dampaknya aki cepat tekor.

5. Stop Lamp
Tidak jarang kejadian, stop lamp nyala terus walau tuas rem tak ditekan. Apabila kamu tak segera menanggulanginya maka arus listips dari baterai bakal mengalir terus, otomatis aki cepat tekor. Penyebabnya merupakan switch rem yang rusak.

Itulah 5 penyebab aki cepat tekor yang tak jarang kami abaikan. Untuk itu apabila kamu meperbuat modifikasi alias meningkatkan aksesoris tertentu, perbuat adaptasi pada kelistipsanya supaya aki tak mudah tekor.

Author:

Facebook Comment